Selasa, 16 Januari 2018

Don’t Judge People By Cover


Kali ini aku bakal bahas mengenai pandanganku tentang menutup aurat. Jujur aku adalah orang yang ngerasa telat bangettt buat dapet ilmu agama khusunya tentang kewajiban menutup aurat (Hueee malu banget rasanya). For your information aja nih, aku baru dapet ilmu yang teoritis banget tentang apa itu aurat, kewajiban menutup aurat, ketentuan jilbab, dan sebagainya itu pas SMA (sad banget ngga sih). Maklum dari SD nyampe sekarang kalau sekolah di negeri terus, jadinya ilmu agama yang aku dapetin ya ala kadarnya.

Awalnya nih aku cuma sebatas tau aja kalau jilbab itu buat nutupin aurat (padahal dulu pengetahuan tentang aurat ya masih minim pake banget, -_- ). Nah karena itu pula, pemikiranku dan pandanganku dulu juga masih amat sempit tentang orang yang pakai jilbab gede bangettt, pakai baju yang lebar terus pake cadar, dulu mikirnya “ih itu aliran apa?” (Kayaknya sih masih banyak juga orang-orang yang berpandangan kayak gini, khususnya buat yang tinggal di desa yang pemikirannya masih belum terbuka). Dulu bahkan kalau liat atau papasan sama perempuan yang pake baju lebar, jilbab gede, dan bercadar juga malah takut (-_-).

Tapi karena udah semakin gede, semakin banyak ilmu agama yang didapat, dan semakin luas scope pergaulan dengan ciri khas setiap orang yang berbeda-beda, akhirnya rasa aware itu mulai muncul. Yaitu rasa aware akan pemikiran dan pendangan yang lebih terbuka, sekarang lebih berusaha buat berfikir terbuka dengan menerima realita yang ada (orang pake baju lebar, jilbab yang gede banget, pakai cadar). Ya kalau difikir-fikir, dilihat dari cara mereka pakai pakaian yang kayak gitu juga ngga salah kalau kita liat dari sumbernya (Al-Qur’an dan Hadis), tapi pada intinya setiap orang harus bisa memfilter diri dari ilmu agama yang didapat dari luar karena ngga bisa menampik di luar sana banyak aliran-aliran agama yang ngakunya sih islam, tapi justru nggak sesuai dengan Al-Quran dan Hadis.

So, sekarang balik lagi ke diri sendiri. Diriku ini aja yang udah tau ilmu tentang aurat dan segala macemnya apakah udah bisa ngejalaninnya dengan benar sesuai dengan agama?, enggak!!!. Udah tau ilmunya aja masih ngelanggar, dulu kalau pake baju masih yang tiga per empat, masih pake jeans (pakaian ketat udah pasti nggak dibolehin di agama), pakai kerudung aja masih belum bisa sempurna. Jadi, dari pada menggunjing atau merasa khawatir karena penampilan seseorang yang berbeda dengan kita padahal dia lebih benar sebenarnya dalam hal berpakaian, lebih baik kita memperbaiki kualitas diri dengan berusaha untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

~ Tegurlah Aku Jika Aku Salah :) 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Amarah

28 September 2023 lepas satu hari setelah kejadian itu terjadi ... Ya, marah rasanya diri ini terhadap suatu keadaan yang dilakukan orang la...